Jumat, 26 Februari 2016

Fisik Album Lebih Berkesan


foto : Reny Aprilia

Minggu lalu, aku berniat untuk membeli CD album salah satu penyanyi pria favoritku. Aku mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan di daerah Surabaya Pusat, dimana di dalamnya terdapat toko CD yang lumayan terkenal di Indonesia. Sedih sih, saat mengetahui satu persatu toko CD tutup. Sebut saja Disc Tarra yang mulai bangkrut. Padahal bagiku, toko CD menjadi tempat tujuanku setelah toko buku. Inget gak kalian pada tahun 2000-an kalo mau beli CD atau kaset, di tokonya itu kita bisa dengerin dulu lagunya lewat headphone yang gede. Dan itu tidak terjadi lagi di era digital seperti sekarang :(

Jujur, aku lebih menyukai membeli album fisik daripada digital. Kenapa? Karena, jika membeli digital kita hanya dapat lagu-lagunya saja. Berbeda halnya jika membeli fisik album itu sendiri. Ada banyak hal yang bisa dilihat di dalamnya, mulai dari diri musisi tersebut bahkan sampai ucapan terimakasih sekalipun. Itu seruuu! Aku jadi merasa lebih dekat dengan musisi favoritku. Seperti sebuah postcard dibawah ini, dari album Say Hi! To Hivi! milih grup band Hivi! yang aku beli tahun 2013 lalu.

foto : Reny Aprilia

Kini bukan lagi jaman ketika satu alat hiburan untuk digunakan seisi rumah. Karena ponsel setiap orang sudah menjadi pemutar musik pribadi. Orang tak perlu CD apalagi dengan membeli. Namun dari membeli fisik album, aku menjadi paham bagaimana susahnya mencari inspirasi dan sebuah ide yang dikembangkan menjadi sebuah karya dalam bentuk fisik album. Di era digital seperti sekarang, tak dipungkiri bahwa banyak muncul aksi pembajakan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Diakui memang jaman telah berubah. Toko CD ini memang berkurang bahkan bisa jadi akan tidak ada lagi, tapi lagu tak berkurang. Malah akan terus bertambah setiap tahunnya. Akan tiba saatnya lagu dalam format digital menjadi nomer satu, dengan bantuan headphones dan earphones untuk mendengarkannya. Memanjakan siapa pun yang rakus music tapi sadar bahwa sehari tetap 24 jam :D Jadi, tetap pada pilihan kalian guys! Bagaimana dengan kalian? Komentar dibawah ini dan semoga tulisan ini dapat menginspirasi yaa :)


Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

19 komentar:

  1. Iya yaa skrg susah kalo mau beli album fisik :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sedih bgt satu per satu toko cd tutup :( alternatif nya skrg pada beli cd ke toko ayam KF*

      Hapus
  2. Dari album hivi ada post card nya kyk gituu kak ?? Asiknyaa...keren jugaa

    BalasHapus
  3. kalo beli album fisik udah pasti dapet post card kah kak atau untuk yang beruntung aja hehe ?

    BalasHapus
  4. Pengen albumnya, tpi yg dikasih cma2 gak ada ta?

    BalasHapus
  5. Lintang : iya sedih bgt satu per satu toko cd tutup :( alternatif nya skrg pada beli cd ke toko ayam KF*

    BalasHapus
  6. Elok : iya dapet postcard lucu kayak di atas :3

    BalasHapus
  7. Devina : kalo untuk album pertama Hivi! ini semua dapet postcard nya :) jadi semua beruntung hehe

    BalasHapus
  8. Trias : mungkin bisa dapet cuma-cuma tapi di kesempatan tertentu aja :D

    BalasHapus
  9. jadi suka hivi !! tak beli albumnya dulu ahh

    BalasHapus