Minggu, 20 Maret 2016

You Must Listen #1 : Payung Teduh


You Must Listen merupakan segmen artikel yang membahas tentang recommended song for your listening, guys! Terinspirasi dari banyaknya request temen-temen untuk me-review beberapa musisi idola mereka. Aku akan bahas tentang biografi dan karya musisi-musisi Indonesia yang layak kamu dengerin nih!

Payung Teduh! Nama yang unik dengan musik yang asyik. Lahir dari dua orang sahabat yang sama-sama berprofesi sebagai pemusik di Teater FIB (Fakultas Ilmu Budaya) Universitas Indonesia. Mereka berdua adalah Mohammad Istiqamah Djamad (Is) dan Comi Aziz Kariko (Comi) yang senang bermusik bersama di kantin kampus, selasar gedung, tepi danau hingga event-event luar kampus. Secara nggak sadar kebersamaan mereka dalam bermain musik telah menguatkan karakter mereka dan itu disadari penuh oleh orrang-orang yang menyaksikan permainan musik mereka.

Payung Teduh terbentuk pada awal 2007 dengan formasi awal Mas Is dan Mas Comi. Pada 2008 mereka mulai manggung di area lokal hingga mereka sadar eksplorasi bunyi dan performa mereka, akhirnya Payung Teduh mengajak Mas Cito untuk bergabung sebagai drummer lalu mengajak Mas Ivan sebagai guitar lele player pada tahun 2010.

Angin Pujaan Hujan merupakan lagu pertama yang memunculkan warna musik mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, tercipta lagu-lagu dahsyat lainnya seperti Untuk Perempuan yang sedang Dalam Pelukan. Musik yang dimainkan Payung teduh bener-bener membawa keteduhan sob! Nggak punya batasan tersendiri dalam bermusik, jadi musik yang mereka ciptakan memang seolah sudah jadi khas mereka.

Sampai akhirnya, pertama kali tau albumnya dari seorang temen yang langsung nunjukin ke aku. Dunia Batas. Yaa, ini adalah album kedua setelah rilisnya album indie pertama Payung teduh pada 2010 lalu. Beberapa lagu di album Dunia Batas yang secara komersil berupa fisik ditoko hingga online ini ada yang di aransemen ulang menjadi lebih baru dan fresh. Penasaran gimana isi albumnya? Yuk yuk mari kita intip.....


Berdua Saja | Song & Lyric : Is
Ada yang tak sempat tergambarkan oleh kata
Ketika kita berdua
Hanya aku yang bisa bertanya
Mungkinkah kau tahu jawabnya

Malam jadi saksinya
Kita berdua diantara kata
Yang tak terucap
Berharap waktu membawa keberanian
Untuk datang membawa jawaban

Munginkah kita ada kesempatan
Ucapkan janji takkan berpisah selamanya...

Dan pertama kali denger ini, hmmm langsung refleks wiihhh gila keren banget melodynya. Seketika tersihir sama liriknya yang super duper ngena di hati (hlah). Melody yang indah, liriknya yang seolah jujur, petikan gitar romantis dan nuansa yang dibangun di lagu ini itu bener-bener sempurna dan meneduhkan :3 Udah muter berkali-kali dan gak akan pernah bosen deh!

Angin Pujaan Hujan | Song & Lyric : Is
Datang dari mimpi semalam
Bulan bundar bermandikan sejuta cahaya
Di langit yang merah
Ranum seperti anggur
Wajahmu membuai mimpiku

Sang pujaan tak juga datang
Angin berhembus bercabang
Rinduku berbuah lara
Uuuuu lara uuuu lara...

Cuma sembilan baris,tapi lirik di atas bisa berubah jadi sebuah lagu yang enak banget buat di dengerin, guys. Melodynya otomatis bikin kita on the beat saat galau galau nikmatin hujan diluar jendela. Sebuah penyegaran jiwa yang dari tadi dihinggapi perasaan sepi karena cinta wkwkwk *tsaahhh*. Meskipun secara nggak sadar, cerita di lagu ini juga sama melow kalo dibandingin sama lagu-lagu lain. Lagu ini sederhana dalam menggambarkan sebuah kerinduaan. Rindu yang terlahir dari indahnya rembulan. Coba nikmati lagu ini, maka kamu akan menemukan sebuah seni dari kata rindu :3

And last recommended song.....

Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan | Song & Lyric : Is
Tak terasa gelap pun jatuh
Diujung malam menuju pagi yang dingin
Hanya ada sedikit bintang malam ini
Mungkin karena kau sedang cantik-cantiknya
 
Lalu mataku merasa malu
Semakin dalam ia malu kali ini
Kadang juga ia takut
Tatkala harus berpapasan ditengah pelariannya
 
Di malam hari
Menuju pagi
Sedikit cemas
Banyak rindunya

That feeling saat kalian malem-malem nggak bisa bobo dan di kepala ada sosok seseorang yang kalian sayang. Kangen, dan rasanya pengen banget ketemu kan? wkwkwk. Kemudian jadi melankolis banget habis denger lagu ini huhuhuh :'D Setiap perempuan pasti berharap untuk bisa menjadi perempuan yang ada di lirik lagu ini, hayo ngaku? Ciri khas yang ngebuat payung Teduh bener-bener bisa meneduhkan adalah liriknya yang magic! Bisa begitu indah layaknya puisi romantis tanpa embel-embel gombal. Nampak jujur dalam menunjukkan perasaan dan bisa relate ke semua pendengar setianya, dan khususnya pada lagu ini adalah pendengar pecinta malam. (*liarenyapril)
#LongLiveLocalMusic

Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

15 komentar: