Rabu, 02 Maret 2016

Lagu Teduh bagi Penikmat Hujan


google.com
Udah masuk musim hujan nih. Kalo hujan identik dengan apa sih? Apa kira-kira hal yang kalian semua lakukan saat hujan turun? Dari beberapa jawaban voting yang sempat aku lakukan di media sosial, banyak yang menjawab “dengerin lagu galau” (nah lo? hahaha). Namanya juga musim hujan ya guys, selalu aja punya kaitan sama nuansa hati yang melow dan baper (bawa perasaan, kalo kata anak sekarang). Kalian juga begitu? Yaa… aku juga kok :p engga bisa dipungkiri kok dan engga salah sih, itu manusiawi.

Entah, ada hubungan apa antara hujan dan kegalauan. Yang jelas, ketika hujan datang, kita pasti pernah ingin deket-deket jendela lalu memandangi tetesan-tetesan air yang berjatuhan itu. Oh iya, karena kita lagi di deket jendela, kadang-kadang kita suka ingin nulis nama seseorang di sana. Sayangnya, kita suka nggak tahu harus nulis nama siapa :p

Ketika hujan turun dan gemuruhnya terlalu bising, ada satu hal yang selalu aku lakukan. Yaitu pasang earphone, setel lagu favorit, dan lagi-lagi memandangi hujan lewat jendela. Lagu dan hujan memang nggak seserasi mie instan dan hujan, tapi lagu dan hujan punya ikatan yang lebih dalam. Buat yang kelaparan, pastilah bakal memilih mie instan dan hujan. Tapi yang tengah kehausan cinta, pastilah dia memilih lagu dan hujan.

Nah, kali ini aku akan kasih beberapa rekomendasi lagu yang layak jadi teman kamu di musim hujan. Beberapa ada yang memang sering aku dengerin dan sisanya dari temen-temen dekatku yg ikutan voting. Dengerin lagu sambil tidur dengan volume sedang, lalu terbuai dengan rintik hujan yang romantis hmmm :’) Kebayang dong? Daripada makin galau dan penasaran, yuk siap-siap baper!
  • Bimbang – Melly Goeslaw

Anak jaman 90-an pasti paham dan nggak asing sama lagu ini. Yaa ini salah satu soundtrack film fenomenal di kalangan remaja kekinian 90-an “Ada Apa Dengan Cinta”. Memang sih, lagu-lagu ciptaan Teh Melly berhasil merasuk di ingatan pendengarnya. Seru yaa, jadi kebayang pasangan Cinta dan Rangga yang ada di film tersebut. Makin bikin kamu beneran “bimbang” kalo di dengerin waktu gerimis romatis.

  •      Risalah Hati – Dewa 19

Hmmmm kalo ini menurutku, tingkat kebaperan-nya tinggi. Hati-hati yaa! :D Termasuk di playlist yang wajib aku dengerin juga sebenernya. Mengisahkan cinta yang bertepuk sebelah tangan, Dewa 19 mengemas apik lagu ini dengan irama yang sangat indah. Karena cinta itu bukan soal kebersamaan apalagi memiliki. Eits, tapi… dengerin lagu ini jangan sambil nangis ya guys!

  •      Setia – Jikustik

Di awali dengan lirik lagu yang ngena banget “Deras hujan yang turun, mengingatkanku pada dirimu….” memang mewakili perasaan hati yang sedang gundah saat hujan turun. Lagu yang populer dibawakan oleh Jikustik ini sempat di recycle oleh penyanyi pria Mike Mohede. Dengan alunan lagu yang lebih fresh dan ber-genre blues, membuat para pendengar dapat lebih menikmati musiknya. Coba deh cek, lagu Setia yang versi Mike Mohede, ini kesukaanku :)


  • Takkan Terganti – Kahitna

     Lagu ini bagiku sangat pas disetel saat hujan. Kenapa? Liriknya yang so romatic, dialunkan dengan irama indah oleh grup band asal Kota Bandung pada tahun 2003 ini begitu melekat diingatan. Apalagi di nyanyikan oleh Marcell, hmmm memberi hawa baru dilagu yang terbilang lawas ini. “Meski waktu datang dan berlalu. Sampai kau tiada bertahan. Semua takkan mampu mengubahku. Hanyalah kau yang ada di relungku. Hanyalah dirimu. Mampu membuatku jatuh dan mencinta. Kau bukan hanya sekedar indah. Kau takkan tergantiii….”

  • Desember – Efek Rumah Kaca

Kalo kalian dengerin lagu-lagunya Efek Rumah Kaca memang selalu ada rasa yang beda gitu ya. Mulai dari liriknya sampai nadanya sudah keren pake bangeettt, selalu pas dengan kondisi hati hmmm… Lagu yang satu ini syahdu banget dan bagi kalian yang memang punya kenangan indah bersama hujan, lagu ini wajib kalian denger ketika hujan turun.

  •      Tentang Seseorang – Endah & Rhesa

Pasangan suami dan istri ini memaang selalu bikin envy hmmm. Membuat karya bersama membuat kemistri mereka berdua hanyut dalam lagu ini. Entah mengapa, aku sangat suka lagu ini dari karya-karya apik mereka lainnya. Lirik yang mendalam membuat suasana hujan makin indah.
  •      Resah – Payung Teduh

Siapa sih yang engga luluh dengerin alunan lagu dari Payung Teduh. Seperti yang kita tau, Payung Teduh selalu berhasil meneduhkan hati kita semua. Lagu ‘Resah’ pun punya intro dan lirik yang sangat romantis. Enggak heran deh kalau Mas Is jadi magnet kuat dalam menulis lagu-lagu romantis dan melankolis. Tentu aja lagu Resah jadi salah satu lagu yang wajib kamu masukin dalam playlist saat musim hujan. (Jadi makin males ngapa-ngapain deh)
  •      Untuk Apa – Maudy Ayunda

Menurutku, lagu ini sebagai penerjemahan musik dan lirik ke dalam bentuk visual yang dramatis namun mengiris. Pesan dari lagu “Untuk Apa” ini sendiri adalah untuk berani bertanya tentang arah dan ketulusan dari sebuah hubungan. Singkat kata, yang memberikan jawaban adalah keberanian. Apa kalian udah berani bertanya tentang hubungan kalian? #EEAAA

  • Orang Ke Tiga – Hivi!

Intro yang disuguhkan Hivi! pada lagu ini begitu merasuk ke dalam jiwa (halaahhh). Alunan gitar dari Ezra sebagai gitaris membuat para perempuan (khususnya) menjerit histeris wkwkwk. Lagu galau satu ini berhasil menduduki deretan lagu hits pada awal kemunculan Hivi! pada 2012 lalu. Apa kalian juga suka lagu ini?

  • Dekat di Hati – RAN

“Meski kau kini jauh disana, kita memandang langit yang sama….” pasti kalian sudah hafal dengan sebait lirik ini. Yaa, RAN kini menyuguhkan cerita cinta yang lebih dewasa pada album terbarunya. Tak melulu dengan kata-kata cinta dan sayang, tapi sebuah lagu yang easy listening. Meskipun judulnya begitu simple namun di balik judul yang sederhana ini, memiliki makna tersembunyi lho. Ketika kita berada jauh dengan orang yang kita sayangi pasti aka nada perasaan rindu :D Bukan hanya rindu dengan pasangan, tapi dengan orang tua, teman dan sahabat juga. Tergantung tiap individu memaknainya :)



Sekarang udah tau kan ada apa aja? Sebenarnya sih masih banyak lagi lagu-lagu kesukaanku lainnya yang pas didengerin saat musim hujan, tapi musisi-musisi di atas cukup mewakili kamu dan perasaanmu kan ;) Share lagu favorit kalian yang pas didengerin saat hujan turun di kolom komentar dibawah ini yaa!


Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

35 komentar:

  1. Langsung playing nih mumpung lagi aa doi hehheehe

    BalasHapus
  2. Untuk apa maudy ayunda kak hehehhee

    BalasHapus
  3. Duh kalo udah ujan baper meningkat ditambah lagu2 itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan rahasia umum lagi itu kak kalo ujan bawaannya baper -_-

      Hapus
  4. Uhhh RAN - Dekat di hati...gue banget nih

    BalasHapus
  5. bikin makin baper kak 😔

    BalasHapus
  6. Jikustik-Setia bikin flashback... aaa, jadi baper kak :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. flashback jaman apa kak? :D yg versi mike mohede keren bgt lho coba di cek ;)

      Hapus
  7. "Takkan Terganti"nya marcell bikin baper, bukan luar aja yg ujan tapi pipi juga bisa banjir kak hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuuuu kak :') menjiwai banget sepertinya

      Hapus
  8. Devina mah baperan...
    siap masuk playlistku nih kak :D

    BalasHapus
  9. Hmm..ada lagu lawas yg masih enak didenger smpe sekarang..

    BalasHapus
  10. Hmm..ada lagu lawas yg masih enak didenger smpe sekarang..

    BalasHapus
  11. yang bikin baper yah pasti yang #mellygoeslaw kak, lagunya gak slow :D wkwkwk. btw, bahas anak 90-an *uhuk jadi ngerasa nih,,, momen yang indah dimasa itu :D
    ditunggu update an yang mengena dihati kak :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagu yang slow jadi gak slow ya kak hihihi... tunggu tulisanku selanjutnya all about nostalgia musik 90-an yaa ;))

      Hapus
  12. wah asik nih kak, request yg barat dong xixi

    BalasHapus
  13. kak request dong lagunya Sheryl shinafia

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang judulnya ku tunggu kau putus ya kak :))

      Hapus
  14. Aku termasuk generasi kekinian .jadi lbh prefer ke RAN sma payung teduh .tinggal nyari yg mau mayungin aja :p

    BalasHapus