Sabtu, 12 Maret 2016

Musisi Indie Indonesia yang layak diberi Apresiasi


Semakin indie selera musik kamu, maka semakin keren kamu.



Pergerakan musik indie udah cukup lama bergema di Indonesia dan berhasil mencetak musisi-musisi dengan karya hebat dan kemampuannya yang jarang terlalu dikenal di negeri sendiri. Indie sendiri merupakan kependekan dari independent, seperti yang udah kau jelaskan di artikel sebelumnya. Maksudnya, para musisi-musisi indie mengerjakan semuanya secara mandiri, mulai dari proses pengerjaan lagu hingga pemasarannya.

Ada begitu banyak musisi indie berkualitas di Indonesia yang udah menghasilkan lagu-lagu yang mungkin nggak banyak kalian tahu dan bisa membuat kalian larut sampai terpukau dengan bakat-bakat mereka. Nah, beberapa karya musisi indie semoga dapat membangkitkan sisi nasionalisme di dalam diri kalian untuk lebih menghargai karya negeri sendiri. #LongLiveLocalMusic
1. Endah and Rhesa
Harmonisasi yang sempurna

Nggak bisa dikatakan sebagai band, karena hanya 2 orang yang juga mengandalkan additional dan duet gitar dari mereka berdua. Pasangan suami istri ini memang banyak memukau penggemar pada tiap performance-nya. Tak hanyak kompak sebagai pasangan, namun dalam dunia musik keduanya merasa menemukan kecocokan sejak bergabung dalam satu band saat SMA. Single yang membuat nama Endah and Rhesa melejit yaitu When You Love Someone yang romantis banget :3
2. Mocca
Mocca - I Remember

Dibentuk tahun 1997 di Kota Kembang, Mocca sukse memikat hati para penikmat musik indie tanah air lewat lagu retro ala 70-an dipadu nuansa swing, jazz dan sentuhan pop. Ini dijamin bikin hati senang dan tenang. Lewat lagu-lagu mereka seperti, I Remember dan Secret Admirer, Mocca pun berhasil memulai debut go international di Malaysia, Jepng hingga Korea. Bahkan, sebuah agensi di Korea juga memakai lagu Mocca untuk iklan produk lho, guys!
3. Efek Rumah Kaca


Sempat vakum selama 7 tahun

Efek Rumah Kaca sering disebut ERK merupakan band yang memilik tiga personil. Perjalanan mereka dimulai sejak tahun 2001, dulu mereka sempat menggunakan nama "Hush", "Super Ego", kemudian akhirnya berubah nama "Efek Rumah Kaca" hingga sekarang. Lagunya yang hits antara lain Desember dan Cinta Melulu yang mengkritisi pasaran musik berteman cinta di Indonesia. Mulai dari liriknya sampai nadanya keren pake bangeettt! Sempat vakum selama 7 tahun, ERK yakin mampu menggebrak kancah musik Indonesia yang makin banyak pesaing. Efek Rumah Kaca berhasil melakukan sebuah inovasi baru demi ke-eksisan mereka. Salut!

4. SORE


SORE - Musim Ujan

Yang paling unik dari band asal Jakarta ini adalah hampir semua personilnya kidal. Wkwkwkwk. Setelah berhasil mengisi soundtrack film Janji Joni, Sore sukses merilis album bertajuk Centralismo pada tahun 2005 silam. Mengusung genre musik yang mereka sendiri yang memberi nama yaitu Indonesian Rock Revival, Sore emang bisa banget dibilang unik dan wajib kalian dengerin ya!

5. White Shoes and the Couples Company


Suguhkan musik nuansa 80-an

Ini gokil! Band asal Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini sukses membuktikan bahwa musik pop berbahasa Indonesia juga bisa tampil di panggung kelas internasional lho! Band yang dibentuk pada tahun 2002 ini sempat tampil di CMJ Music Marathon dan Festival Musik SXSW di Amerika. Waw keren! Album perdana White Shoes and the Couples Company (WSATCC) juga dirilis label musik Minty Fresh asal Chicago. Kalian harus bangga, guys! Coba kalian denger lagu yang berjudul Senandung Maaf, liriknya keren. Membawa kita merasakan nuansa musik 80-an.

6. Jogja Hiphop Foundation


Hiphopdiningrat khas Jogjakarta

Grup musik datu ini sengaja memadukan musik hiphop dan musik Jawa yang kental khas Jogja, ini dibuktikan melalui dari lirik, musik hingga kostum saat manggung. Berawal dari project Poetry Battle tahun 2006 hingga 2009, JHF dan musik Jawa-nya berhasil menyita perhatian publik. Sempat manggung di Esplanade Singapore pada tahun 2009, Jogja Hiphop Foundation berhasil meluncurkan film dokumenter bertajuk Hiphopdiningrat yang mengisahkan perjalanan musik hiphop Jawa. Keren kan? Alunan musiknya membuatmu ingin kembali ke jogja, bukan? :D

7. Heavy Monster


Mari berdan-ska

Nah, yang terakhir ini asliiii dari tanah Surabaya guys yang terbentuk pada September, 1998. Bermula dari berkumpunya empat orang yang mempunyai keinginan untuk bermusik yang membuat perpaduan antara musik ska, reggae, swing dan rock. Perjalanan panjang dan hambatan yang telah menyertai karir Heavy Monster hingga saat ini, telah membulatkan tekad mereka untuk keukeuh di jalur musik indie dan membuat lebih terpacu dalam kualitas bermusik. Bahkan tak ada bantuan besar yang diterima mereka.


Menurutku, musisi diatas sudah mampu mewakili kebanggaan kita akan musik lokal yang layak diberi apresiasi tinggi, guys! Selera musik tiap orang bisa berbeda, namun jangan lupakan musisi Indonesia yang punya bakat dan prestasi segudang untuk siap di nikmati. See yaaa di artikel berikutnya yaa! Kalo kalian juga suka dengerin musik indie, boleh juga share di kolom komentar dibawah ini :D Salam Bangga Musik Indonesia! (*liarenyapril)















Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

14 komentar:

  1. that's right kak,,,
    aku denger lagu dari beberapa musisi diatas...
    paling suka sama HIPHOP JOGJA :D hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantep deh kak! alternaif lain setelah koriya kah? :D

      Hapus
  2. Mocca asyik kak d dengerin pas malam minggu gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg judulnya apa kak? Hanya Satu adeemmm bgt, weekend gini bareng keluarga ;)

      Hapus
  3. wahh mocca keren ya bisa go internasional bahkan udah ditawarin agensi luar...big applause

    BalasHapus
  4. Mocca favoritku jeng. Lagunya ringan dan merdu. ehehehe

    BalasHapus
  5. Endah n Rhesa aduh bikin meleleh cyin

    BalasHapus