Kamis, 21 April 2016

Kuno yang Kekinian? Hadir dalam musik KunoKini



KunoKini... mungkin kamu agak asing sama nama ini? Awalnya, aku juga gatau tentang grup band ini. Sampai suatu malam, ketika mereka hadir di sebuah program televisi aku langsung suka dan penasaran! Aku langsung sebut mereka dengan "etnic music reggae" wahahaha ngarang ajasih tapi memang itu genre yang mereka usung.

KunoKini sebuah nama untuk menggambarkan keadaan dari dua unsur yang kontras namun bisa menjadi sesuatu yang harmonis dan selaras lewat alunan musik tradisional. Filosofi nama tersebut benar-benar dijadikan acuan dalam segala pergerakan karya yang dilakukan band bergenre Indo Etnik Eksperimental ini.  Baru-baru ini mereka merilis tunggalan berjudul ‘HeyBeb!!!’


KunoKini berbeda dengan grup musik kebanyakan. Alat musik yang mereka pake adalah alat musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Yaitu, conga (gendang), rebana, saluang (suling Minangkabau), kangkanung (angklung Dayak), gendang Betawi, selompret Betawi, dan banyak lagi guys. Meski gitu, lagu-lagu yang mereka bawakan selaras dengan perkembangan zaman saat ini lho! Mereka biasa memainkan berbagai lagu karya sendiri atau musisi lain dari aliran musik rap, RnB, disko, bossanova, reggae, dan yang lain.

Penampilan personel grup itu juga unik. Sang vokalis, Bhisma Wrhaspati, berambut gimbal layaknya penyanyi reggae. Saat manggung, dia pun biasa mengenakan busana khas dari berbagai daerah di tanah air alias pakaian adat. Waw, emang bener-bener unik dan menarik.

Bermodalkan semangat kembali ke akar (tradisional), unsur modern tersebut nggak serta merta meninggalkan nafas ke-Indonesia-an yang senantiasa digaungkan oleh KunoKini. Lewat bunyi alat-alat musik tradisional asli Indonesia irama-irama populer dari barat yang dihasilkan di lagu HeyBeb!! sebenarnya digali dari unsur ‘kuno’ yang berasal dari Indonesia lewat konsep interlocking (paduan ketukan berbeda namun dalam tempo yang sama) antara alat musik Taganing Batak, Soko Guru (satu set Rebana Biang Betawi dimainkan seperti drumset dan merupakan karya Bhismo sang vokalis), Bonang Jawa, Kendang Sunda & Kangkanung Kalimantan. Perlu digarisbawahi bahwa irama-irama populer tersebut sebenarnya sudah ditemukan dan dihasilkan oleh para musisi nusantara di zaman dahulu, lho!
Salam Bangga Musik Indonesia, #LongLiveLocalMusic

Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

16 komentar:

  1. saya baru tahu ini, pas baca artikel ini min,,,
    nice, bagus, keren, dan mengusung sesuatu yang berbeda...
    "istimewa" kata yang cocok untuk mereka "KUNOKINI"

    Belum denger musiknya sih,, but, mungkin nanti bakal saya coba denger ;)
    great artikel min,,, lanjutkan!!!
    boleh request genre lain gak nih? :D
    genre ballad dan genre2 yang terkenal di Kor-Sel sih :D ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kak! waahhh saran ditampung :) ntar aku coba usung genre ballad yaaa :3

      Hapus
  2. Ini n8h baru yg namanya indonesia bnget, dikemas secara tradisional dan modern, jdi gak ilang kekhasannya, tpi ttp kekinian

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneeerrrr bgt, bisa meningkatkan kualitas musik tradisional juga

      Hapus
  3. Baru tau nihh, asik unik.. Kunokini tampang boleh kuno penampilan tetep masakini...hahahasik

    BalasHapus
  4. Baruuu tauu, aahh mau coba tonton deh 😍 makasih kak referensinya

    BalasHapus
  5. Baruuu tauu, aahh mau coba tonton deh 😍 makasih kak referensinya

    BalasHapus
  6. Baruuu tauu, aahh mau coba tonton deh 😍 makasih kak referensinya

    BalasHapus
  7. baru tau kalo ada band ini,,makasih infonya kak jadi tau kalo ada band ini

    BalasHapus