Senin, 09 Mei 2016

Electronic Dance Music (EDM), Bukanlah Tren Musik Baru


EDM atau Electronic Dance Music memang lebih di kenal dengan musik DJ. Musik yang selalu identik dengan dunia anak-anak dugem. EDM sendiri semakin banyak di gemari anak-anak muda tanah air akhir-akhir ini. Perkembangan EDM bisa di tandai dengan banyaknya DJ-DJ lokal yang saat ini banyak mengisi berbagai acara. Dan juga beberapa program televisi yang menawarkan musik EDM dengan khas Indonesia banget. Salah satunya program The Remix di televisi *** (wkwkwk kalian pada tahu kan yaa!)

Perlu di ketahui nih guys, sebenarnya EDM sendiri bukanlah musik yang baru lahir dan terkenal di era modern ini. EDM sebenarnya sudah ada di era 60’an, tahun 1960 adalah tahun kelahiran musik jenis ini. Salah satu band legendaris yang bernama The Beach Boy waktu itu di tahun 1966 memasukkan unsur Electronic Musik untuk mengisi arasemen singlenya yang berjudul Good Vibrations.
Di era kejayaan musik disco pada tahun 1970 Music Electronic mendapatkan tempatnya. Siapa yang tidak tahu band legendaris Bee Gees yang selalu melahirkan lagu-lagu yang memancing gerakan Break Dance. EDM pada masa itu lebih di kenal dengan musik disco yang biasa mengiringi tarian Break Dance.
Dari masa ke masa EDM terus mengalami banyak perkembangan, sehingga instrumen musik yang di hasilkan semakin memanjakan pendengarnya. Musik elektronik ini di hasilkan dari berbagai gabungan instrumen-instrumen elektronik seperti Synthesizer, Turntable, Bass, Midi Keyboard, mixer dan berbagai efek lainnya. Di era perkembangan teknologi saat ini para DJ bahkan bisa meracik EDM dengan berbagai aplikasi yang terdapat di laptopnya.
Mungkin tahun-tahun ini adalah era kejayaan EDM, berbagai festival EDM mulai di gelar di seluruh dunia. Konsep megah festival EDM yang bisa anda lihat di Tomorrowland menjadi bukti jika music EDM semakin di gemari penikmat-penikat musik dunia. DJ kelas dunia berlomba-lomba ingin bermain di ajang festival musik ini. Calvin harris, David Guetta, Avicii, DJ Zeed, Hardwell, Alesso, dll adalah DJ-DJ kelas dunia langganan Tomorrowland.
Salah satu yang menandai era kejayaan musik elektronik ini adalah banyaknya unsur Remix yang menggabungkan musik-musik elektronik dengan musik apapun juga. Para DJ kelas dunia juga banyak mengeluarkan single Remix lagu yang berkolaborasi dengan musisi apa saja. Salah satu contohnya adalah saat Calvin Harris menggarap We Found Love bersama Rihanna.
Perkembangan musik EDM di tanah air juga tidak kalah dengan perkembangan musik EDM di negara-negara Eropa. Saat ini indonesia juga mulai di kenal dunia dengan adanya Djakarta Warehouse Project festival musik EDM yang terbesar di Asia Tenggara bahkan Asia. Sejak diadakan mulai tahun 2008 DWP (Djakarta Warehouse Project) terus mengalami berkembangan dan semakin besar bahkan diakui dunia saat ini. Penggemar EDM dari berbagai negara pastinya juga selalu menunggu ajang DWP persembahan Indonesia. DJ-DJ kelas dunia seperti Avicii sudah pernah bermain disini. Ajang DWP yang di adakan satu tahun sekali dan biasanya di gelar di bulan Desember bisa menjadi panggung pembuktian untuk DJ-DJ tanah air yang terus perkembangan dan menjamur dari tahun ke tahun. Yuk, simak karya musik EDM dari musisi Indonesia berikut ini :

Nah siapa nih penggemar berat Soundwave yang membawa Rinni Wulandari dan Jevin Julian makin hits di kancah EDM? Meskipun mengusung jenis Electronic Dance Music rasa Indonesia-nya masih terasa yaa? Gimana pendapat kalian, guys? (*liarenyapril)
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

12 komentar:

  1. Yess....music edm ini emang bikin asik, n semangat aja buat gerak2in badan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeeaayyy jelas dong! #LongLiveLocalMusic

      Hapus
  2. Aku suka musik EDM kak, apalagi Avicii haha, baru tau ternyata EDM bukan musik baru hehe 😀 makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe iyaa banyak musisi luar dan dalam negeri nih yang hitz bgt bawain genre musik EDM

      Hapus
  3. Yess....music edm ini emang bikin asik, n semangat aja buat gerak2in badan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeeaayyy jelas dong! #LongLiveLocalMusic

      Hapus
  4. enak banget di EDM buat mengusir galau wkwkwk

    BalasHapus
  5. i loved EDM kak,,,
    suka banget pas beat-up nya naik turun, apalagi pakek volume kenceng,,, woohooo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. HACEEPPP yeeaayyy jelas dong! #LongLiveLocalMusic

      Hapus
  6. era EDM mulai jaya,,,soalnya anak muda jaman skrng lebih suka sama yang bikin mereka lebih semangat

    BalasHapus